KENALI GEJALA AWAL DAN PENYEBAB KANKER SERVIKS



Kanker serviks adalah jenis kanker  yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berada pada celah sempit diantara vagina dan rahim. kanker serviks pada umumnya dapat menyerang wanita pada usia berapapun, tetapi penyakit ini lebih cenderung terjadi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun.
Kanker serviks sama halnya dengan penyakit kanker berbahaya lainnya, akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah jenis penyakit ini dapat berkembang puluhan tahun di dalam leher rahim wanita tanpa menimbulkan gejala. Inilah yang menyebabkan kanker serviks baru ditemukan pada stadium lanjut sehingga sulit untuk disembuhkan.

PENYEBAB KANKER SERVIKS
Faktor utama penyebab kanker serviks adalah human papillomavirus (HPV) yang menyerang leher rahim.  HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan alat kelamin. HPV dapat menyerang pria maupun wanita dan sangat umum ditularkan melalui hubungan seks. Infeksi HPV sendiri baru terjadi ketika sudah berada cukup lama di dalam tubuh yaitu 10-15 tahun, itulah sebabnya penyakit ini dapat berkembang tanpa menimbulkan gejala apapun bagi penderita.
Dari banyaknya jenis HPV, ada dua jenis virus HPV yang paling berbahaya, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis virus ini yang menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks.

MENGENALI GEJALA KANKER SERVIKS SEJAK DINI
Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause.  Selain itu Tanda-tanda kanker serviks stadium awal dapat pula dilihat dari rasa sakit pada mulut rahim. Rasa sakit tersebut memang tidak muncul dengan intensitas yang sering. Tetapi jika penyakit ini semakin parah rasa sakit tersebut akan sangat terasa.
Sedangkan tanda-tanda kanker serviks yang sudah masuk dalam stadium akhir biasanya dapat terlihat dari keluarnya cairan dari area kewanitaan. Cairan yang keluar dari area kewanitaan tersebut memiliki warna yang kuning dan berbau kurang sedap, bahkan banyak pula yang merasakan jika ada darah yang tercampur pada cairan tersebut. Akan tetapi, meski terjadi pendarahan tidak bebarti Anda positif menderita kanker serviks. Untuk memastikan kondisi Anda, segera periksakan diri Anda kepada dokter.

CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS
Mencegah jelas jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk menghindari penyakit mematikan ini salah satu cara yang dapat Anda dilakukan adalah dengan rajin memeriksakan kondisi kesehatan Anda, termasuk kesehatan organ intim dan rahim ke dokter. Dengan cara ini, maka tanda-tanda kanker serviks pada tubuh bisa terdeteksi secara cepat sehingga proses penyembuhan dapat dengan segera dilakukan.
Selain itu, wanita juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang bisa mencegah kanker serviks adalah makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah dan juga sayur.

Terimakasih dan semoga bermanfaat..



SUMBER : alodokter.com  dan disehat.com
Image by : Kankerservik
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.