Manfaat bawang untuk kesehatan

 
Bawang selalu hadir dalam berita terkait permasalahan kenaikan harganya yang tak terkalahkan. Bawang hadir dalam berita bak superstar di liga sayuran. Bawang mungkin bisa membuat kita bercucuran air mata, tapi kita semua pasti akan setuju bahwa bawang merupakan salah satu penguat rasa terbaik. Bawang bisa dimakan mentah atau juga dimasak terlebih dahulu.

Bawang mempunyai aroma yang khas dan memperkuat rasa ketika ditambahkan pada setiap masakan. Tahukah Anda, bahwa bawang merupakan salah satu pelindung terbaik bagi tubuh kita! Inilah alasannya kenapa ahli gizi menganjurkan Anda untuk menyediakan bawang sebanyak mungkin di musim panas. Bawang mempunyai cadangan antibiotik yang baik, antimikroba dan antiseptik. Bawang juga memiliki manfaat untuk rambut, kulit kepala dan kulit tubuh. Jus bawang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan ketombe, kutu dan rambut rontok. Jus bawang juga bisa dipakai untuk mengobati mol, gigitan lebah, gigitan serangga, dan lain-lain.

Bawang bisa digunakan untuk menyembuhkan demam, karena zat yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Bawang juga bisa digunakan untuk obat ketika hidung anda berdarah. Sejak dulu, jus bawang sering dipakai untuk tetes mata, terutama pada bayi. Mengkonsumsi bawang setiap hari bisa menyembuhkan segala permasalahan yang bersangkutan dengan tidur.

Bawang mempunyai manfaat yang sangat besar untuk meningkatkan kesehatan. Anda juga bisa memasukan bawang ke dalam daftar diet Anda, meskipun baunya menyengat, tapi manfaatnya sangat luar biasa. Seperti dikutip Boldsky, berikut merupakan manfaat bawang untuk kesehatan.

Sumber vitamin dan mineral

Bawang banyak mengandung vitamin B, C, B kompleks, kalium, sulfur, pati, zat besi dan serat. Lemak, kolesterol, dan sodium yang terkandung didalamnyapun sangat rendah. Bawang juga kaya akan antibiotik, antimikroba dan antiseptik.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bawang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Fitokimia yang terkandung dalam bawang dapat meningkatkan penyerapan vitamin C didalam tubuh. Bawang juga dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis infeksi dan virus seperti demam, batuk, pilek, alergi, dan sebagainya. Bawang juga bisa membantu meningkatkan memori ingatan dengan baik dan dapat membantu membangun sistem saraf yang kuat.

Membantu mengobati asma
Dalam bawang mengandung quercetin yang merupakan anti inflamasi dan antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin. Quercetin mengurangi bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh dan dapat membantu dalam mengobati penyakit asma.

Membantu mencegah kanker
Quercetin yang terkandung dalam bawang bisa membantu mencegah kanker, terutama terhadap kanker kepala, leher dan usus.

Sistem pengatur gangguan kesehatan
Bawang juga berfungsi sebagai sistem pengatur gangguan kesehatan bila anda mengkonsumsinya secara teratur. Bawang membantu dalam melawan osteoporosis dan aterosklerosis. Bawang juga bisa mengobati penyakit koroner dan melindungi kolesterol baik didalam tubuh.

Mengurangi peradangan
Mengkonsumsi bawang secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, seperti peradangan yang ditimbulkan oleh arthritis pada sendi. Bawang juga bisa dipakai sebagai alat pereda nyeri dalam tubuh.

Mencegah kerusakan pada gigi
Bawang bisa digunakan untuk mencegah sakit gigi. Bawang juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan mulut seseorang. Mengunyah bawang mentah bisa meningkatkan kesehatan mulut, memperkuat gigi dan menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Itulah beberapa manfaat bawang untuk kesehatan. Sayangi tubuh, dan jagalah kesehatan sebaik mungkin, karena SEHAT ITU MAHAL!
sumber: rancahpost.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.